Akses komunikasi empat daerah pelosok di Kalsel terbuka

Martapura (ANTARA) – Masyarakat di empat daerah terpencil di wilayah pelosok Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, kini sudah bisa memanfaatkan fasilitas telekomunikasi yang ditandai dengan diresmikannya pemanfaatan Base Transceiver Station (BTS) oleh Gubernur Sahbirin Noor.

Gubernur usai meresmikan pengoperasian menara BTS yang ada di Kecamatan Paramasan, Desa Paramasan Bawah Minggu mengatakan, selesainya pembangunan BTS tersebut, kini jalur komunikasi di daerah terpencil sudah bisa dijangkau dengan baik.

Menurut dia, pembangunan menara pada sejumlah desa pelosok di wilayahnya tersebut, merupakan bantuan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo RI.

“Tahun ini Kalsel mendapatkan bantuan empat BTS, yang seluruhnya di Kabupaten Banjar,” katanya.

Empat desa tersebut, yaitu Desa Paramasan Aas, Paramasan Bawah, Kecamatan Paramasan, Desa Rantauan Balai, Kecamatan Aranio dan Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan.

“Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, atas bantuan pembangunan menara BTS di sejumlah desa Kalsel,” kata Gubernur.

Gubernur mengungkapkan, peresmian pengoperasian BTS tersebut, menunjukkan komitmen dari pemerintah untuk membuka akses komunikasi bagi masyarakat.

“Ini adalah bukti nyata dari komitmen pemerintah untuk membuka akses komunikasi bagi masyarakat,” katanya.

Dia berharap, keberadaan BTS tersebut, dijaga dengan sebaik-baiknya sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Paramasan untuk menggali informasi dan memberikan informasi terkait potensi yang dimiliki oleh Desa Paramasan.
  Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor dan bersama Bupati Banjar KH Khalilurrahman, pejabat dari Kemkominfo meresmikan operasional menara BTS, di Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar, Minggu (7/4). (Antaranews Kalsel/Istimewa) Pambakal Desa Paramasan Bawah, Suwardi mengatakan, dia sangat bahagia karena di desanya sudah dibangun BTS sehingga dapat membuka akses dan mempermudah komunikasi antarmasyarakat.

“Atas nama masyarakat saya sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya dari pemerintah, mulai pemerintah pusat, pemrintah provinsi, hingga pemerintah kabupaten karena kini akses informasi sudah terbuka dengan lebih baik,” katanya.

Suwardi berharap, kualitas dari BTS ini dapat terus ditingkatkan dari 2 G menjadi 4 G sehingga seluruh wilayah Paramasan dapat terjangkau akses komunikasi serta dapat menikmati layanan internet.

Sehingga, ke depannya pembangunan daerah tidak tertinggal dengan daerah-daerah lainnya di Kalsel.

“Kami berharap, kualitas BTS dapat ditingkatkan sehingga dapat menjangkau seluruh wilayah Paramasan dan dapat juga menikmati jaringan internet,” harapnya
.
BTS ini merupakan bantuan program kewajiban pelayanan universal Kementerian Komunikasi dan Informatika. Untuk Kabupaten Banjar, sebanyak dua BTS dibangun di wilayah Kecamatan Paramasan.

Dilokasi peresmian BTS juga digelar pasar murah dan pemeriksaan kesehatan secara gratis. Di hari yang sama juga digelar peresmian Islamic Centre Kecamatan Paramasan yang diresmikan oleh Bupati Banjar, KH Khalilurrahman.

Turut hadir, pada acara tersebut, pejabat Kemkominfo, Anggota DPR RI Syaifulah Tamliha, Bupati Banjar, Kepala Dinas PUTR Prov Kalsel, Kasatpol PP dan Damkar Prov Kalsel dan Sekda Kabupaten Banjar dan Ketua DPRD Banjar

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019