BNPB ajak tokoh agama sampaikan materi kesadaran bencana

Sukabumi (ANTARA News) – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak tokoh agama menyisipkan khutbahnya setidaknya 2-3 menit mengenai materi kesadaran terhadap bencana alam.
   
Doni di Sukabumi, Jumat, mencontohkan para ulama saat khutbah Jumat bisa mengingatkan umatnya agar waspada dengan kondisi alam Indonesia yang berada di area bencana.
   
“Seluruh tokoh masyarakat, terutama ulama, seminggu sekali saat khutbah atau pengajian, mengingat mayoritas masyarakat Jawa Barat ini beragama Islam, untuk menyisipkan 2-3 menit, perhatian kepada alam. Kita peduli alam, alam merawat kita,” katanya.

BNPB akan membangun emosi masyarakat agar setiap saat mereka memiliki kepedulian terhadap alam sekitar. Misalnya, pada musim hujan kewaspadaan masyarakat harus sadar akan potensi banjir dan tanah longsor.
   
Menjelang musim kemarau, kata dia, terdapat ancaman kebakaran hutan. “Dan beberapa tempat yang telah diberikan analisis oleh sejumlah pakar, itu juga harus kita antisipasi. Dan bagamana masyarakat kita bisa lebih siap,” katanya.
   
Singkat kata, Doni menekankan mencegah jauh lebih mudah daripada melakukan penanganan.”Pencegahan jauh lebih murah dan mudah daripada saat melakukan penanganan,” kata dia. 
Baca juga: Doni Monardo merasa tidak asing soal penanggulangan bencana
Baca juga: Doni Monardo akan rangkul peneliti kebencanaan
Baca juga: DPR: Kepala BNPB berikan reaksi cepat tanggap bencana

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2019