Mahasiswa Norwegia senam bersama pegawai Pemkot Sabang

Sabang, Aceh (ANTARA News) –  Sepuluh mahasiswa Inland Norway University (INU) Norwegia yang sedang melakukan praktik belajar lapangan (PBL) di bidang kesehatan bersama mahasiswa Akademi Keperawatan Ibnu Sina (AKIS) di Kota Sabang Aceh melakukan senam bersama ASN di lingkungan pemerintah setempat, Jumat. 

Salah seorang mahasiswa Norwegia, Leo yang mengaku telah dua kali mengikuti senam itu menyatakan mengapresiasi Pemkot Sabang karena telah melaksanakan kegiatan olah raga tersebut. 

“Aktivitas fisik atau olah raga seperti ini dapat mengurangi stres dan membuat tubuh lebih sehat sehingga semua staf Pemkot Sabang dapat bekerja dengan baik,” katanya didampingi koordinator Inland Universitas Norwegia, Samarullah. 

Pemkot Sabang setiap hari Jumat rutin melaksanakan senam untuk jajaran ASN.

Para mahasiswa tersebut terlihat sangat menikmati  senam itu sembari menikmati panorama lautan lepas di Sabang Fair. 

 Koordinator mahasiswa Norwegia, Samarullah mengungkapkan bahwa keikutsetaan mahasiswa Norwegia dalam kegiatan ini adalah kemauan mereka sendiri dan mereka sangat antusias mengikuti senam tersebut.

Setelah selesai mengikuti senam mereka dapat menikmati kopi dan kue khas Aceh, seperti timpan Aceh dan  sebagainya. 

Ke-10 mahasiswa tersebut didampingi seorang Dosen INU, Anne Trolvik melakukan PBL di Sabang dari 10 Februari sampai dengan 3 Maret 2019 dengan fokus pada bidang kesehatan masyarakat.

“Selama PBL, mahasiswa Norwegia dan mahasiswa AKIS akan mendata sejumlah penyakit yang biasa diderita masyarakat setempat, tentang pengelolaan sampah, tentang gizi anak sekolah dan pengelolaan air bersih serta rokok,” jelas Samarullah yang juga penghubung Akper Ibnu Sina dengan Inland Norway University.

Data yang didapatkan dari PBL katanya, akan dijadikan rujukan untuk menyusun atau membuat karya ilmiah akhir dan bisa dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat Sabang, Aceh dan dunia secara umum.

“Kerja sama ini sudah berlangsung sejak 12 tahun silam dan Akper Ibnu Sina adalah satu-satunya Akper yang menjalin kerja sama dengan universitas luar negeri,” ujarnya.

Sekda Kota Sabang, Zakaria yang ikut serta melakukan olahraga senam bersama ASN dan mahasiswa Inland Norway  University Norwegia mengaku menyambut baik kearifan mereka selama berada di Sabang. 

“Bagus, mereka cepat beradaptasi dengan warga sekitar, dan kita berharap kehadiran mereka di tengah kota bisa membangkitkan generasi Indonesia,” ujar dia.

Pada kesempatan itu ia juga berharap, kunjungan mahasiswa Norwegia tersebut ke Kota Sabang dapat mempromosikan potensi industri pariwisata kepulauan paling Barat Indonesia itu ke mancanegara.

Baca juga: 10 mahasiswa Norwegia praktik belajar lapangan di Sabang Aceh
Baca juga: Ratusan mahasiswa asing ikuti International Student Summit 2017 di Undip

 

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019