Pemerintah-DPR sepakat lanjutkan program lampu tenaga surya gratis di Papua

Biak, Papua (ANTARA News) – Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Komisi VII DPR RI pada tahun 2019 sepakat masih melanjutkan program program bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) yang dibagikan gratis bagi masyarakat yang berada di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3 T) di Provinsi Papua.

“Program LTSHE tenaga surya yang dikembangkan Kementerian ESDM untuk daerah di Pegunungan Tengah tahun 2019 tetap berlanjut,” kata anggota Komisi VII DPR RI Tonny Wardoyo di Biak,Senin.

Ia menyebut untuk Maret 2019 Kementerian ESDM bersama Komisi VII DPR berencana akan meresmikan program LTSHE untuk warga di Kabupaten Puncak,.

Tonny Wardoyo mengatakan kehadiran listrik tenaga surya untuk masyarakat di daerah pegunungan tengah menjadi kebutuhan vital rumah tangga warga.

Sejak program LTSHE dilaksanakan di berbagai kabupaten wilayah Pegunungan tengah, menurut dia, saat ini masyarakat sudah dapat menikmati listrik di rumah-rumah.

“Warga Papua yang bermukim di wilayah pegunungan saat ini sudah dapat menikmati penerangan di malam hari berkat program strategis Kementerian ESDM sebagai pengejawantahan program nawacita nasional,” katanya.

Sementara itu, tenaga ahli Menteri ESDM Faisal Rahardian menyebut program LTSHE yang disediakan pemerintah melalui Kementerian ESDM sangat menyentuh kebutuhan masyarakat di daerah tertinggal, terdepan dan terluar.

“Untuk tahun ini program lampu hemat energi tenaga surya tetap diprogramkan, saya tidak bawa data rinciannya,”ujarnya.

Ia mengakui dengan kondisi geografis daerah wilayah pedalaman Papua yang sangat bergunung maka program LTSHE menjadi kebijakan strategis dalam merealiasikan pemenuhan elektrifikasi listrik warha di provinsi paling timur Indonesia.

Berdasarkan data pada tahun 2019 Kementerian Energi Sumber Daya Mineral akan menyasar 150.000 rumah warga untuk pemasangan program LTSHE.

Untuk wilayah Provinsi Papua sasaran listrik tenaga surya, diantaranya Kabupaten Nabire, Mamberamo Raya,Yalimo, Pengunungan Bintang,Tolikara,Lanny Jaya, Asmat dan Kabupaten Jayawijaya.

Baca juga: Lampu tenaga surya akan terangi 40 distrik terisolir Yahukimo

Baca juga: Kem-ESDM bangun PLTS kapasitas 150 KW di Maybrat Papua Barat

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019