Pemkab Merauke alokasikan Rp150 miliar bangun infrastruktur PON

Jayapura (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua, telah mengalokasikan Rp150 miliar untuk membangun infrastruktur, venue dan lainnya guna menunjang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020.

Bupati Merauke Frederikus Gebze di Jayapura, Senin mengatakan, selain alokasi dana tersebut, pihaknya juga menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua sebesar Rp50 miliar.

“Kami berharap pembangunan infrastruktur venue dan lain-lain akan berakhir pada 20 Mei 2020 yang merupakan momentum kebangkitan Papua,” katanya.

Menurut Frederikus, pihaknya tengah mempersiapkan tender, kontrak dan pembangunan sirkuit bertaraf nasional di Merauke untuk penyelenggaraan PON.

“Jika dipresentasikan melalui angka, persiapan PON XX di Merauke baru mencapai 30 persen,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya tengah melakukan rehabilitasi, restrukturisasi dan rekontruksi terhadap stadion yang sudah ada dan membangun infrastruktur jalan pendukung.

“Kami juga mempersiapkan atlet-atlet yang bermain di PON, tinju, wushu, sepakbola, voli, atletik dan beberapa cabang olahraga fenomenal,” katanya lagi.

Dia menambahkan terkait persiapan akomodasi, transportasi, konsumsi dan lain-lain, di mana dipastikan sekitar 2000 atlet dan official PON XX akan hadir di Merauke, pihaknya telah siap 100 persen.

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019