Unej siap bantu Kota Probolinggo wujudkan kota jasa dan niaga

Kerja sama dengan Unej melalui LP2M diharapkan mampu meningkatkan fungsi pemerintahan, pelayanan publik, dan mengembangkan potensi Kota Probolinggo hingga target kota niaga dan jasa terwujud

Probolinggo (ANTARA) – Universitas Jember (Unej) akan membantu Kota Probolinggo, Jawa Timur untuk mewujudkan daerah itu menjadi kota jasa dan niaga (services and business city) yang ditandai dengan penandatanganan naskah kesepahaman (MoU) antara Rektor Universitas Jember M. Hasan dengan Wakil Wali Kota Probolinggo HM Soufis Sobri.

Penandatangan MoU tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan naskah aksi (Memorandum of Act/MoA) antara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Unej Prof Achmad Subagio dengan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kota Probolinggo Rey Suwigtyo.

“Kota Probolinggo dengan potensi industri dan pelabuhan yang dimilikinya bertekad menjadi kota jasa dan niaga, apalagi posisinya strategis di garis pantai utara pulau Jawa,” kata Ketua LP2M Unej Prof Achmad Subagio di Kabupaten Jember, Kamis.

Dalam tahap pertama pelaksanaan MoA, lanjut dia, para peneliti Kampus Tegalboto Unej akan melakukan kajian komprehensif di bidang ekonomi dan sosial budaya di Kota Probolinggo.

“Program kedua yang akan kami laksanakan adalah pendampingan untuk kelurahan di kota Probolinggo, baik oleh dosen maupun mahasiswa melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) karena pemerintah juga berencana memberikan dana kepada kelurahan untuk pengembangan tiap-tiap kelurahan,” katanya.

Sementara Wakil Wali kota Probolinggo HM Soufis Sobri berharap mahasiswa peserta program Kuliah Kerja Nyata Unej juga ditempatkan di wilayah Kota Probolinggo dan pihaknya bersedia memfasilitasi mahasiswa Kampus Tegalboto Unej yang akan melakukan kerja magang di berbagai bidang.

“Kerja sama dengan Unej melalui LP2M diharapkan mampu meningkatkan fungsi pemerintahan, pelayanan publik, dan mengembangkan potensi Kota Probolinggo hingga target kota niaga dan jasa terwujud,” ujarnya.

Rektor Unej Moh Hasan mengatakan kerja sama antara Unej dengan Pemerintah Kota Probolinggo makin memperkuat kehadiran kampus Unej di wilayah Besuki Raya mulai dari Probolinggo hingga Banyuwangi, sehingga tawaran kerja sama tersebut diterima.

“Sudah semestinya kerja sama dengan Kota Probolinggo kami terima, selain guna makin membumikan kiprah Unej di wilayah Besuki Raya dan wilayah Probolinggo adalah salah satu pemasok mahasiswa bagi Kampus Tegalboto karena berdasarkan data yang ada sebanyak 553 mahasiswa Unej dari Kota Probolinggo dan 1.012 mahasiswa dari Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Baca juga: Jakarta ke Probolinggo akan tersambung tol akhir tahun ini

Baca juga: Unej konsolidasikan Bappeda se-Jatim dukung pencapaian SDGs

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019