Veteran di Pekanbaru-Riau disasar BPJS Kesehatan menjadi peserta

Kepesertaan mereka sangat diperlukan terkait program pemerintah untuk mendaftarkan seluruh penduduk Indonesia menjadi peserta JKN-KIS atau mencapai target Universal Health Coverage (UHC) tahun 2019

Pekanbaru, (ANTARA News) – BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kota Pekanbaru, kini terus menggiatkan penjaringan terhadap seratusan lebih anggota yang tergabung dalam Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)  Baskara Purnayudha Provinsi Riau untuk menjadi peserta JKN-KIS.

“Kepesertaan mereka sangat diperlukan terkait program pemerintah untuk mendaftarkan seluruh penduduk Indonesia menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) atau mencapai target Universal Health Coverage (UHC) tahun 2019,” kataKepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP) BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Wilya Astriani, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut dia, untuk mendukung upaya percepatan UHC tersebut, maka BPJS Kesehatan melakukan upaya jemput bola khususnya menjaring potensi veteran dan keluarganya sekaligus mensosialisasikan apa saja hak dan kewajiban dari seorang peserta JKN-KIS.

Selain itu, pada kesempatan tersebut, Lia juga menjawab pertanyaan dan keluhan yang disampaikan oleh para veteran.

“Sejak transformasi PT Askes (Persero) ke BPJS Kesehatan, kepesertaan bapak dan ibu otomatis beralih menjadi peserta JKN-KIS, dan tentu ada hak serta kewajiban yang harus bapak dan ibu ketahui. Berikut alur-alur pelayanan yang bisa diikuti saat menggunakan manfaat program jaminan kesehatan ini,” katanya.

Kepala LVRI Provinsi Riau, Syamsul berharap semoga administrasi BPJS Kesehatan lebih praktis, khususnya bagi kami-kami karena sudah tua dan tentu kesulitan jika harus ke sana ke mari.

“Meski demikian, program JKN-KIS sangat bermanfaat karena fasilitas-fasilitasnya, sedangkan alur-alur dan prosedur sudah menjadi hal lumrah yang memang harus dipenuhi,” kata Syamsul.

Syamsul menambahkan keluarga besar veteran seluruh Provinsi Riau kini berjumlah sekitar 377 jiwa termasuk janda, dan sebagian besar dari mereka, bermukim di Kota Pekanbaru dan tersebar di kabupaten-kabupaten.

Berdasarkan data BPJS Kesehatan Kantor Cabang Pekanbaru, tercatat total kepesertaan hingga 27 Januari 2019 mencapai 95,54 persen atau sebanyak 1.982.794 orang.

Sebanyak 1.982.794 orang peserta JKN-KIS itu berasal dari empat wilayah kewenangan kerja Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru meliputi Kabupaten Pelalawan, Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu.

Sedangkan kewenangan pendaftaran di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Pekanbaru, adalah anggota veteran yang berdiam di empat wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Kota Pekanbaru itu.

Baca juga: Veteran di Pekanbaru beroleh rumah layak huni

Baca juga: Gubernur Banten janjikan kesehatan gratis bagi veteran perang

Pewarta:
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019